Intensifikasi Pengawasan Pangan di Sarana Ritel Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H
12 Mei 2021 09:18
Berita Aktual

Mamuju - Senin (10/5), Balai POM di Mamuju melakukan kegiatan intensifikasi pengawasan pangan di beberapa sarana ritel modern di Kab. Mamuju. Mengundang Bupati Mamuju, Sitti Sutinah Suhardi dan Dinas Perdagangan Kab. Mamuju, Kepala Balai POM di Mamuju bersama Tim melakukan inspeksi produk-produk pangan yang dijual di sarana ritel.

Intensifikasi pengawasan pangan adalah kegiatan pengawasan pangan yang secara rutin telah dilaksanakan dan ditingkatkan lagi intensitasnya menjelang Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1442 H ini, dengan target diutamakan pada produk pangan olahan Tanpa Izin Edar (TIE), produk pangan kedaluwarsa dan rusak (kemasan penyok, kaleng berkarat, dll) pada sarana distribusi pangan (importir/distributor, toko, swalayan, dan supermarket, hipermarket, pasar tradisional, para pembuat dan/ atau penjual parsel), serta pangan untuk berbuka puasa (takjil).

Dari hasil pengawasan yang dilakukan masih terdapat produk pangan yang kedaluwarsa dan kemasannya rusak (kemasan berlubang, kaleng penyok, dll). Untuk itu, Kepala Balai POM di Mamuju, menyampaikan bahwa Balai POM di Mamuju akan terus melakukan pengawasan terhadap bahan pangan yang dijual dipertokoan dan pasar modern demi kenyamanan dan keamanan konsumen, Beliau juga menjelaskan bagi toko dan pasar modern yang kedapatan masih menjajakan bahan pangan kedaluwarsa akan di beri sanksi berjenjang mulai dari sanksi secara administrasi hingga sanksi berat meliputi penghentian kegiatan atau pencabutan izin bagi toko dan pasar modern yang melakukan pelanggaran jika telah diberikan peringatan sekali atau dua kali namun tidak diindahkan.

Lebih lanjut, Kepala Balai POM di Mamuju menghimbau masyarakat untuk menjadi konsumen cerdas dengan selalu ingat Cek KLIK (Cek Kemasan, Cek Label, Cek Izin Edar dan Cek Kedaluwarsa) sebelum membeli produk.

 

BALAI POM DI MAMUJU