Monitoring dan Evaluasi PPABK Tahap II di Pasar SMART Kabupaten Pasangkayu
21 Oktober 2022 10:16
Berita Aktual

Pasangkayu - Kamis (20/10), Balai POM di Mamuju bersama Tim Petugas Pasarmelakukan sampling dan pengujian sampel dalam rangka Monitoring dan Evaluasi Pasar Tahap II di Pasar SMART Pasangkayu. Kegiatan ini dimaksudkan untuk melakukan pengawasan terhadap bahan berbahaya dan cemaran mikrobiologis pada pangan yang dijual di pasar. Hal ini penting dilakukan karena pasar merupakan pusat jual beli pangan masyarakat.

Sampling dan Pengujian Sampel di Pasar dalam Rangka Monev PPABK dilaksanakan di Kantor Kepala Pasar Smart Pasangkayu. Kegiatan ini dihadiri oleh 4 orang petugas pengelola pasar yang telah mendapatkan pelatihan terkait pengambilan contoh, pengujian dan pelaporan hasil uji Pangan di Pasar.

Pada kegiatan ini, pengujian bahan berbahaya dilakukan menggunakan rapid test kit untuk mengidentifikasi adanya bahan berbahaya seperti Formalin, Boraks, Rhodamin B, dan Methanyl Yellow. Sedangkan, untuk pengujian cemaran mikrobiologi, dikhususkan pada pengujian cemaran bakteri E. coli dan Coliform.

Sebagai pusat jual beli pangan di Kab. Pasangkayu, diharapkan Pasar SMART Pasangkayu dapat menerapkan budaya keamanan pangan sehingga dapat mencegah berbagai masalah akibat keracunan pangan.

 

BALAI POM DI MAMUJU