Pelaksanaan Onsite Assessment dalam Rangka Akreditasi SNI ISO : IEC 17025 Laboratorium Kimia Balai POM di Mamuju
2 Desember 2022 17:38
Berita Aktual

Pada tanggal 1 - 2 Desember 2022, dilaksanakan Onsite Assessment oleh Asesor dari Komite Akreditasi Nasional (KAN) dalam Rangka Akreditasi SNI ISO : IEC 17025 Laboratorium Kimia Balai POM di Mamuju. ISO/IEC 17025:2017 merupakan standar persyaratan umum untuk kompetensi sebuah laboratorium pengujian maupun laboratorium kalibrasi dengan menjamin sistem manajemen mutu baik secara administratif maupun secara teknis.

Kegiatan diawali dengan asesor memberikan penjelasan tentang maksud, tujuan dan ruang lingkup surveilen diikuti dengan tinjauan singkat ke masing-masing laboratorium pengujian yang di assessment yaitu Laboratorium Pengujian Pangan dan Bahan Berbahaya dan Laboratorium Pengujian Obat.

Asesor melakukan pengecekan kesesuaian sistem di laboratorium terhadap klausal-klausal pada acuan standar ISO/EIC 17025:2017 dengan cara wawancara dan menunjukkan dokumen yang diperlukan. Pada akhir assessment, disampaikan beberapa temuan ketidaksesuaian yang perlu ditindak lanjuti oleh BPOM di Mamuju.

Balai POM di Mamuju berkomitmen untuk melakukan peberbaikan ketidaksesuain dan secara konsisten menerapkan managemen mutu sesuai dengan SNI ISO : IEC 17025.

 

BALAI POM DI MAMUJU