Pemusnahan produk Obat dan Makanan tanpa ijin edar serta tidak memenuhi syarat keamanan BBPOM di Semarang Tahun 2011
26 Januari 2011 09:00
Berita Aktual

Pada hari Selasa, tanggal 25 Januari 2011 Balai Besar POM di Semarang melaksanakan pemusnahan produk Obat dan Makanan yang tidak memenuhi persyaratan keamanan di TPA Kaliori Banyumas.

Pemusnahan hasil Pengawasan dan Operasi Penertiban yang dilakukan oleh Balai Besar POM di Semarang menunjukkan masih adanya pelaku usaha yang memproduksi dan atau mendistribusikan produk Obat dan Makanan yang tidak sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Adapun produk yang dimusnahkan termasuk produk yang telah mendapat persetujuan Pengadilan untuk dimusnahkan. Barang bukti tersebut sesuai dengan ketentuan KUHP pasal 45, termasuk dalam benda sitaan yang bersifat terlarang atau dilarang untuk diedarkan, dengan rincian sebagai berikut :

  1. Barang bukti dari 1 (satu) tersangka yang terdiri dari 7 (tujuh) item Kosmetika Tanpa Ijin Edar.
  2. Produk dan kemasan Obat dan Makanan hasil perintah penarikan, telah kadaluarsa dan tidak memenuhi ketentuan, yang terdiri dari
    • Kosmetika = 39 item
    • Obat Tradisional = 3 item
    • Kemasan Jamu = 11 item
Acara pemusnahan di TPA Kaliori Banyumas ini dihadiri oleh Polres Cilacap, Pengadilan Negeri Banyumas dan Cilacap, Kejaksaan Negeri Banyumas dan Cilacap, Dinkes Kab Banyumas dan Cilacap, Wakil DPRD Banyumas dan Cilacap, dan undangan lainnya.

Dihimbau kepada masyarakat yang memerlukan informasi dan atau ingin menyampaikan pengaduan untuk dapat menghubungi Unit Layanan Pengaduan Konsumen (ULPK) Balai Besar POM di Semarang dengan nomor telepon 024-7612324. Fax.024-7613633 atau email bpom_semarang@pom.go.id , likpomsm@yahoo.com

Balai Besar POM di Semarang